Di Blog ini ..kalian tidak hanya akan mendapatkan hasil dari kuliahku tetapi juga kalian bisa melihat hasil kerjaku ...hehehe

Hello Assalamualaikum...sobat - sobat ...

Welcome to My Blog..Salam kenal

Minggu, 13 November 2011

Proposal Penelitian Buat Tugas Akhir

Hello every body.... what'a up ?????????

ni gue pnya contoh proposal buat Tugas akhir kulih... pada mata pelajaran metodologi penelitian lo...


BAB 1
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG MASALAH
Madura merupakan sebuah kepulauan di daerah Jawa Timur yang memiliki satu Universitas Negeri. Sebuah Universitas Negeri Trunojoyo Madura yang menjadi kebanggan tersendiri penduduk Madura. Universitas Trunojono memiliki lima fakultas yang salah satunya adalah fakultas teknik. Banyak pendapat masyarakat bahwasanya fakultas teknik itu sangat berat bahwasanya  terdapat adanya praktikum yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Salah satu  praktikum yang paling menantang adalah dari program studi teknik industri. Dimana praktikum ini selain terjun langsung ke dunia mesin, elektronik dan juga batas asistensi serta pengumpulan modul praktikum. Selain itu juga masalah SDM mahasiswa yang masih belum memenuhi target pendidikan ini juga yang membuat cara berpikir yang tidak kreatif dan kurang peduli terhadap keselamatan dalam kerja.
Pemandangan penggunaan komputer dan laptop untuk mengerjakan tugas, laporan dan sebagainya cukup banyak terlihat di Universitas Trunojoyo ini. Khususnya pada Program Study Teknik Industri sendiri juga banyak sekali mahasiswa menyelesaikan tugas – tugasnya yang harus diselesaikan secepatnya bahkan tidak jarang tugas dan laporan praktikum dikerjakan sampai menjelang pagi dengan menggunakan Laptop atau komputer. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Boston, terungkap sekitar 50 persen mahasiswa pengguna laptop kerap mengeluhkan rasa nyeri setelah menggunakan komputer selama satu jam. Penelitian dilakukan terhadap 18 juta mahasiswa pada tahun 2008. Tidak hanya mahasiswa yang merasakan mata lelah dan nyeri pada punggung tetapi juga pada laptop yang mengalami panas dan memerlukan penginstalan ulang. 
Dari potensi ini, mengapa kita tidak memotivasi mahasiswa tersebut untuk memanfaatkan potensi tersebut untuk merancang Tugas Akhir? sedangkan dengan seringnya mereka mengerjakan laporan praktikum tersebut dapat memberi gambaran dan termasuk hal yang penting untuk mengerjakan ‘TA’.
Dalam berbagai segi mahasiswa Fakultas Teknik lebih unggul dibandingkan mahasiswa Fakultas lainya.  Mahasiswa Fakultas Teknik salah satu mahasiswa generasi muda Indonesia yang mempunyai potensi sangat besar untuk di kembangkan. Beberapa keunggulanya,  daya pikir dan imajinasi tinggi, daya tahan tinggi terhadap menyelesaikan tugas dan laporan praktikum, daya kreatif  dan inovatif tinggi untuk mengembangkan atau mencipkatakan mesin teknologi yang berguna bagi masyarakat sekitar, serta cepat  mengetahui perkembangan kemajuan teknologi dan pendidikan di Dunia.
Namun dari kenyataan dan potensi dari mahasiswa Fakultas teknik  khususnya teknik industri, sedikit sekali yang dapat dijumpai mahasiswa fakultas tersebut menciptakan suatu yang berguna, padahal ketersediaan penunjang belajar sangat banyak sekali. Misalnya terdapat beberapa laboratotium yang digunkan sebagai manufaktur, ergonomi, statistik dan komputasi yang hanya terbuang sia- sia.
Hal ini merupakan salah satu masalah yang harus dicarikan jalan keluarnya agar mahasiswa  termotivasi atau bergairah dalam melakukan mengoptimalkan pengetahuan dan saran yang telah disediakan yang berdampak peningkatan dan  kualitas mahasiswa teknik industri. Berangkat dari adanya penggunaan komputer atau laptop sebagai bahan penunjang kebutuhan mahasiswa tersebut menjadikan pembuatan program ini akan cukup menguntungkan jika diterapkan di Fakultas Teknik karena pengguna komputer atau laptop yang mudah dijumpai di fakultas teknik. Menurut Karen Jacobs, ketua tim peneliti dan terapis dari Universitas Boston(2008) laptop sebenarnya didesain untuk dipaki di meja kerja. dan sebaiknya menambahkan aksesoris seperti mouse dan keyboard  untuk mencegah keluhan nyeri persendian.
Oleh karena itu dengan adanya perancangan alat  ini diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di atas. Upaya merancang meja pendingin laptop ergonomis merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan efektivitas peningkatan dan sarana penunjang belajar. Dimana Ergonomi yang merupakan pendekatan multi dan interdisiplin yang berupaya menserasikan alat, cara dan lingkungan kerja terhadap kemampuan kebolehan dan batasan tenaga kerja sehingga tercipta kondisi kerja yang sehat, selamat, aman, nyaman dan efisien (Grandjean, 1993; Manuaba,1998). Komponen terpenting dalam meja pendingin laptop adalah dua kipas pendingin laptop yang terdapat pada meja,dua penyangga alas. Meja pendingin laptop ini memiliki kekuatan  pada kedua kipas yang dapat merawat laptop dari panas dan pada kedua penyangga yang dapat digerakna keatas dan dilipat. Upaya merancang dan membangun meja pendingin ini dilaksanakan untuk mengembangkan teknologi yang sudah ada dan membantu mahasiswa supaya menghasilkan kualitas dan kenyamanan dalam mengerjakan tugas melalui teknologi modern yaitu laptop. 
B.       PERUMUSAN  MASALAH
Rumusan masalah dalam program ini sebagai berikut :
·         Bagaimana Meja pendingin laptop ergonomis bisa meningkatkan kualitas mahasiswa teknik industri?
·         Bagaimana mempermudah para pengguna laptop atau komputer dalam menjaga dan merawat laptop selain pendingin laptop pada umumnya?
·         Bagaimana mengatasi masalah Rasa nyeri pada mata dan punggung bagi pengguna Laptop atau komputer?
C.      BATASAN  MASALAH
Dalam penelitian guna merancang meja pendingin laptop ergonomis agar tidak meluas diperlukan pembatasan yaitu:
Ø  objek : Mahasiswa fakultas teknik
Ø  waktu : pelaksanaan praktikum
Ø  metode : studi literature
D.       TUJUAN PEELITIAN
Dari latar belakang masalah, rumusan masalah dan batasan penelitian  yang telah dikemukakan diatas, maka penelitian ini bertujuan :
1.      Adanya teknologi alternatif meja pendingin laptop dengan menyesuaikan kondisi mahasiswa serta memelihara laptop.
2.      Meningkatkan efektifitas dan produktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan Tugas Akhir yang berkualitas.
3.      Mendorong mahasiswa untuk dapat memanfaatkan limbah yang ada disekitar.
E.       MANFAAT PENELITIAN
1.      Meningkatnya pengetahuan dan kreatifitas mahasiswa fakultas teknik dalam masyarakat dalam menciptakan suatu hal yang berguna
2.      Sebagai sarana meningkatkan kualitas dan nilai ekonomi Tugas mahasiswa.
3.      Meningkatkan daya kreativitas dan inovatif pada diri mahasiswa Fakultas Teknik
4.      Mengatasi masalah limbah secara efektif
5.      Meningkatkan peran serta perguruan tinggi dalam meningkatkan Kreativitas mahasiswa dalam hal Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
F.      ASUMSI
1.      Penelitian perancangan bentuk model meja pendingin laptop ergonomis dapt diberikan sejak dini dan dapat disesuaikan karakteristik pengguna laptop karena dapat membantu mengatasi masalah nyeri terhadap penggunaan laptop yang berjam – jam.  
2.      Perancangan meja pendingin laptop ergonomis ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa pada bidang manufaktur dan ergonomic.

0 komentar:

Poskan Komentar